Selasa, 03 Mei 2011

MANFAAT CSR BAGI DUNIA PENDIDIKAN

MANFAAT CSR BAGI DUNIA PENDIDIKAN.

Latar belakang masalah.

Yang melatar belakangi saya menulis ini karena saya sangat prihatin dengan dunia pendidikan di Indonesia.
Dijaman globalisasi saat ini, kita tidak hanya berpangku tangan dan saling menyalahkan siapa yang salah dan siapa yang benar dan apa saja informasi dari luar yang masuk, Tapi juga bagimana generasi-generasi muda kita bisa keluar dan menujukan pada dunia, bahwa kita juga bisa.
Sehingga yang penting adalah bagimana kita bisa menyikapi secara bijak makna dari globalisasi tersebut.
Saat ini ada sekitar 62.5 juta anak diusia sekolah yang setiap tahunnya pasti akan naik kelas dan kemudian akan lulus dan menjadi angkatan kerja muda.
Bayangkan jika jumlah tersebut tidak kita didik dan kembangkan dengan baik dengan baik, mereka akan menjadi tenaga kerja yang tidak produktif.
Telkom dengan program CSR(Corporate social Responsibillity) nya sangat membantu sekali bagi dunia pendidikan di Indonesia, seperti yang telah dilakukan selama ini antara lain Pelatihan internet bagi para guru diseluruh Indonesi, Internet masuk sekolah yang intinya agar para siswa tidak ketinggalan informasi dan Komunikasi.
Selain itu juga dalam bentuk bantuan peralatan sekolah seperti Computer untuk Sekolah Dasar hingga perguruan Tinggi.
Dengan kepedulian kita terhadap dunia pendidikan di Indonesia sehingga dunia pendidikan diIndonesia tidak ketinggalan dengan dengan Negara tetangga dan dunia internasional lainnya.
Telkom sebagai BUMN Telekomunikasi Indonesia yang masih berplat merah, selalu memberikan yang terbaik untuk bangsa ini.
Telkom dengan Program CSR juga membantu para UKM untuk mensejahterakan masyarat di bidang usaha kecil , kepedulian terhadap pembangunan rumah Ibadah, bencana Nasional dll.
Di Dunia pendidikan Telkom juga telah mendirikan Sekolah TK, SMK dan perguruan Tinggi.
Program Bagimu Guru sangat membantu para guru di Indonesia untuk meningkatkan Skill mereka dalam era Globalisasi agar mengerti tentang IT dan bisa mengakses informasi seputar dunia Teknologi dan informasi.
Peningkatan , Pengetahuan para Guru sangat membantu dalam mengajarkan Materi yang di ajarkan disekolah, dengan metode yang telah didapat menjadikan anak didik menjadi cerdas.
Permasalahan.
Masalahnya apakah sekarang ini Program CSR yang digulirkan Oleh Telkom Sudah merambah sampai ke Pelosok Tanah air kita ini , sampai dengan Ibu kota Kecamatan bahkan ke Desa ( Khususnya Indonesia Timur)
Oleh karena itu saya menulis ini kiranya Progran CSR bisa sampai ke Ibu kota Kecamatan dan bahkan Ke Desa-desa yang memang masih tertinggal dan bahkan belum terjangkau sarana Telekomunikasi.
Banyak sekali Guru-Guru di pedesaan yang masih Buta Dengan IT dan sejenisnya, Mampukah kita untuk menjembatani ketertinggalan ini, dan mampukah kita untuk memberikan solusi yang terbaik untuk mereka agar mereka juda dalam menjalankan tugasnya lebih maju lagi dan tidak terisolasi oleh pengetahun tentang IT (informasi dan teknologi) ini.
Jadi tidak hanya para Guru yang ada dalam Kota saja yang dapat mengikuti program pelatihan internet ini, tapi Guru-Guru dari desa Terpencil dapat di ikutsertakan dalam progran ini.
Dengan program CSR ini Sangat membatu sekali dunia Pendidikan di Indonesia dan mencerdaskan kehidupan Bangsa.
Garda terdepan dalam soal pendidikan ini adalah guru. Di balikkompleksitas perdebatan yang rumit dan panjang soal sistem pendidikan,soal kurikulum, soal ujian dan semacamnya, berdiri para guru.
Mereka bersahaja, berdiri di depan anak didiknya; mereka mendidik, merangsang dan menginspirasi para anak didik.
Dalam himpitan tekanan ekonomi, mereka hadir di hatianak-anak Indonesia. Hati mereka bergetar setiap melihat anak-anak itumenjadi orang di kemudian hari. Setiap ucapan terima kasih adalah tandaatas pahala guru-guru ini. Mereka adalah profesi terpercaya, pada pundakguru-guru ini kita titipkan persiapan masa depan republik ini
Hari ini kita berhadapan dengan masalah: variasi kualitas guru dandistribusi guru. Menghadapi masalah ini kita bisa berkeluh kesah,menyalahkan negara dan menuding pemerintah. Atau kita gulungkan lengan baju dan berbuat sesuatu. Saya mengajak kita semua untuk turun tangan.Libatkan diri kita untuk mempersiapkan masa depan republik ini.
Untuk kita,untuk masa depan anak-anak kita dan untuk melunasi janji kemerdekaan: mencerdaskan kehidupan Bangsa dan Negara agar selangkah lebih maju dari negara tetangga.Kesimpulan
Tingkatkan lagi Program CSR yang ada saat ini ditingkatkan lagi agar lebih banyak lagi para pengajar yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan internet maupun speddy.
Program pelatihan internet untuk para siswa juga ditingkatkan lagi, karena program inilah yang sangat membantu Dunia Pendidikan saat ini.
Dengan banyaknya Guru yang mengikuti pelatihan IT, pertama,mengisi kekurangan guru berkualitas di Sekolah Dasar, khususnya didaerah terpencil; dan kedua menyiapkan lulusan perguruan tinggi untuk jadi pemimpin masa depan yang memiliki pengetahuan, pengalaman dan kedekatan dengan rakyat kecil di pelosok negeri.
Dari Hasil Program CSR ini dapat menanamkan Imej bahwa Telkom Sangat Peduli dengan Dunia pendidikan danSosial.
Dengan program ini akan menambah kepercayaan masarakat terhap Telkom dan akan menjadi pemacu dalam rangka meningkatkan Revenue.
Selain Telkom sebagai perusahan yang harus mendapatkan keuntungan, tapi tidak meninggalkan kewajibannya program CSR.
Program CSR juga sangat membantu dunia pendidikan dan sangat bermanfaat sekali bagi para guru di seluruh Indonesia.

DITULIS OLEH :

NAMA : RISMAN
NIK : 633162
LOKER : FINANCIAL SERVICE AREA AMBON

Tidak ada komentar: